Tips Menghadapi Ujian

images“UJIAN” kata yang satu ini mungkin bagi sebagian mahasiswa atau pelajar merupakan kata keramat dan terkenal angker, kata ini juga dapat membuat para mahasiswa seperti saya galau, insom kumat, dsb. ūüėÄ Padahal, kita sudah berusaha mati-matian belajar. Nah, biasanya saat hari-H ujian, perut kita mules, panas dingin, gelisah, galau, gundah gulana, dan munculah kepanikan. Apabila panik muncul, inilah yang akan menjadi malapetaka, sehingga akan sangat tidak maksimal dalam menghadapi ujian, maka dari itu sebagian besar mahasiswa atau pelajar “musuhan” dengan ujian. Tapi , saya di sini ingin berbagi cara mengatasi ujian agar kita bisa melewati ujian dengan tenang, aman, damai, sejahtera, sentosa dan tentu saja hal yang paling kita inginkan tercapai yaitu¬†“Mendapat Nilai Bagus dan Tidak Ada Remedial/Her”

Berikut dapat saya rangkum kiat/tips menghadapi ujian yang menurut saya cukup jitu. cekidot!! ūüėÄ

  1. download (5)Belajar. Belajar merupakan salah satu jurus terjitu dalam persiapan menghadapi ujian, ujian diibaratkan perang, dan belajar merupakan senjata, jika ingin menang perang maka senjata harus diasah atau diisi full, agar tidak mati duluan, ya kan? cara belajar yang baik bukanlah menghapal, tetapi memahami. dan yang akan membantu kita dalam memahami adalah kata kunci, jadi kita dapat membuat kata kunci dari materi-materi ujian sehingga akan lebih mudah mencerna di otak.
  2. Mengelompokan materi. Kita memiliki kebiasaan buruk, selalu memulai segala sesuatunya dari NOL atau SATU. Saya kemukakan sebuah analogi. Anda berlatih angkat besi. Waktu yang tersedia untuk latihan adalah satu jam. Sepuluh menit pertama Anda melakukan pemanasan. Kemudian berlatih mengangkat beban mulai dari 1 kilo, 2 kilo, 3 kilo, 4 kilo, dan akhirnya 10 kilo. Waktu habis. Hari berikutnya, Anda melakukan hal yang sama. Pemanasan, 1 kilo, 2 kilo, 3 kilo, 4 kilo, dan akhirnya 10 kilo. Waktu habis. Begitu seterusnya. Apa masalahnya? Seharusnya hari berikutnya dia mulai mengangkat beban dari 4 kilo, bukan dari 1 kilo (karena terlalu ringan) atau 10 kilo (bisa patah tulang nanti). Maka dapat dimungkinkan pada hari kedua dia dapat mengangkat beban seberat 14 kilo. Bukankah kebiasaan kita dalam belajar seperti itu? Selalu mengulang materi yang sama tanpa terlebih dahulu mengelompokkan materi (SKL) ke dalam kelompok GAMPANG BAGIKU, kelompok SEDANG BAGIKU, dan kelompok SULIT BAGIKU????
  3. Jangan Terus Membicarakan Tentang Ujian!! kenapa?? ya, tentu saja karena hal ini akan membuat kalian akan semakin tambah tegang dan gugup dalam menghadapi ujian, kalo sudah gugup, penyakit panik mulai menyerang dan kacaulah akhirnya.
  4. Lakukan Persiapan Menjelang Ujian! Seperti: 
    • Malam sebelum ujian, usahakan untuk tidur lebih cepat ketimbang hari-hari biasanya.
    • Pagi menjelang tes, usahakan makan makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.
    • Datang lebih awal di sekolah, lalu usahakan untuk ngobrol dengan teman-teman yang kira-kira dapat membuat hati kita tenang. Hindari untuk berbicara dengan teman-teman yang kamu nilai bakal ngomong “wah gue belom belajar nih”, atau “duh gue ga siap deh nih”, dsb. Usahakan ngobrol mengenai hal-hal ringan dan tidak menggunakan kapasitas otak yang berlebih.
    • Kalau kamu ga nemu orang yang bisa diajak ngobrol nyantai, dengerin musik aja pakai earphone.
    • Kalau bisa memilih tempat duduk, usahakan tempat duduk kamu berada di tempat yang paling minim gangguan serta cahaya yang memadai.
    • Usahakan bawa cemilan, lalu kalau kamu ngerasa panik, maka nyemil lah sebelum atau antara satu ujian dengan ujian lainnya.
    • Dan, yang paling penting adalah, bentuklah konsep pemikiran dalam otak kamu bahwa ujian ini adalah sarana untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kamu dalam satu subjek tertentu.

5.  Ketika Ujian Berlangsung, Lakukan Hal berikut : 

  • Biasanya kalau di kertas ujian kan ada instruksi cara menjawab tuh, nah, kali ini dibaca deh pelan-pelan. Walaupun itu instruksi ga berubah-ubah dari jaman dulu, tapi membaca instruksi membuat kita larut dalam ujian sebelum kita membaca soal-soalnya terlebih dahulu. Dengan kata lain, membaca instruksi membuat kita¬†engage¬†sama aktivitas ujian.
  • Baca keseluruhan soal secara cepat, dari nomer satu sampai nomer terakhir. Hal ini diperlukan untuk menentukan kecepatan yang kita butuhkan untuk menjawab masing-masing soal.
  • Gunakan waktu-waktu awal ujian kita untuk menjawab soal yang paling simpel. Hal ini baik untuk membangkitkan rasa percaya diri kita akan keseluruhan ujian.
  • Jika memungkinkan, tulis rumus-rumus dasar untuk mata-mata pelajaran eksak di tepi soal ujian agar kita bisa langsung mengerjakan soal-soal serupa dengan memilih dari rumus-rumus tersebut. Hal ini sangat penting untuk menghemat waktu untuk mengerjakan soal-soal kala ujian.
  • Yang paling penting adalah, ujian itu adalah sarana untuk menilai kemampuan pribadi kamu. Jadi jangan sampai kamu terdistrak dengan teman-temanmu yang mengumpulkan ujian mereka terlebih dahulu. Itu adalah urusan mereka dengan nilai mereka sendiri. Urusan kamu adalah dengan nilai ujian kamu yang sedang kamu kerjakan

6. Tenang! hal ini bertujuan untuk mengurangi kepanikan saat menghadapi ujian, dan ini adalah cara untuk tenang:

  • Tarik napas dalam-dalam secara perlahan kemudian hembuskan secara perlahan pula. Lakukan ini selama lima kali atau sampai kamu merasa tenang.
  • Pejamkan mata kamu sekuat-kuatnya selama kurang lebih lima detik, lalu perlahan-lahan lemaskan sampai mata kamu terbuka.¬†Sudah merasa lebih tenang? Nah, berarti saatnya untuk menanamkan pikiran-pikiran baru dalam pikiran kamu mengenai ujian, antara lain:¬†Di saat ujian, kamu punya kontrol penuh dengan semua hal yang ada di sekeliling kamu, hindari rasa takut akan tes itu sendiri. Tes itu kamu yang isi dan kamu sendiri yang memiliki kuasa atas hasil tes tersebut.¬†Pikirkan bahwa setiap menjawab tiap soal yang ada, kamu telah melakukan yang terbaik atas diri kamu selama belajar tentang hal yang diujikan

7.¬†HINDARI PEMBAHASAN SOAL DENGAN TEMAN SEUSAI UJIAN!!!!!!!¬†kenapa ini saya pakai bold, italic dan capital? karena ini adalah ¬†hal ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† yang paling sering dilakukan oleh setiap peserta ujian, ntah apa maksud yang terkandung, mulai dari ingin memeriksa kebenaran ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† jawaban, hingga memberi contekan ke teman. saya harap yang terakhir ini tidak reader lakukan lagi ya….. sebenarnya membahas ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† soal setelah ujian itu merupakan salah satu hal yang harus dihindari, karena¬†akan menciutkan rasa percaya diri kamu, serta hanya ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† menanamkan rasa penyesalan yang sebenarnya tidak perlu muncul. Yang terbaik adalah untuk merayakan dengan teman-teman, ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† bisa dengan makan-makan, nongkrong, atau aktivitas menyenangkan lainnya. Lalu setelah ada waktu sendirian, baru deh kamu cek ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† bagian mana dari ujian yang baru aja kamu ikutin yang kamu rasa paling sukses sehingga kamu bisa pertahankan strategi itu, serta ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† bagian mana yang paling kamu anggap menghambat. Hal ini berguna untuk efisiensi cara kamu mengikuti ujian-ujian berikutnya.

Nah reader, saya harap setelah membaca beberapa rangkuman tips yang saya anggap jitu ini, reader lebih siap untuk menghadapi ujian, jadi, saya ingatkan kembali kunci menghadapi ujian adalah “HINDARI PANIK” Ntah apapun dan bagaimanapun cara kalian untuk menghindari panik, lakukanlah! Good Luck untuk ujiannya!! ūüėÄ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s