WC Jongkok atau Duduk, mana yang lebih sehat??

-Wc jongkok dan wc duduk merupakan jenis wc yang sering digunakan tidak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia.

Nah, biasanya wc jongkok ini digunakan di sebagian negara Amerika dan Eropa, dan biasanya kalangan orang menengah ke atas yang menggunakan jenis wc ini, sedangkan wc jongkok biasanya digunakan di negara-negara berkembang dengan rata-rata pendapatan penduduk menengah ke bawah seperti Indonesia.

Orang-orang tersebut memiliki alasan tersendiri mengapa memilih jenis WC. Selain karena trend, pastinya juga urusan BAB (buang air besar). BAB adalah hal yang kadang membuat orang sensitif. Ada orang yang tidak bisa BAB karena Wc terlalu kotor atau tidak terbiasa dengan jenis WC yang mereka temui. Karena mereka terbiasa BAB sambil jongkok membuat BAB tidak bisa keluar karena BAB di WC duduk.

Dalam sebuah studi Dr. Dov Sirikov yang penelitiannya dipublikasikan di Journal Digstive Diseases and Scienses, ditemukan fakta bahwa WC jongkok lebih sehat daripada WC duduk.  Nah loh, kenapa ya?posisi-BAB

Dalam jurnal dijelaskan bahwa orang BAB dengan posisi jongkok akan lebih cepat mengeluarkan tinja lebih cepat. Hal ini karena faktor internal dalam tubuh seseorang saat jongkok, usus besar akan di posisi lurus sedangkan otot puborecatlis melemas. dan juga karena pengaruh gaya gravitasi yang makin memudahkan tinja keluar dalam posisi lurus, dan tidak ada halangan.

Otot ini berfungsi menahan tinja saat seseorang dalam posisi berdiri dan orang tidak perlu mengejan terlalu banyak saat jongkok. Sedangkan jika orang BAB dalam posisi duduk, otot ini justru tidak lemas bahkan orang tersebut harus mengejan dengan keras agar tinja capat keluar dengan cepat.

Masalah kebersihan juga diperhatikan. WC jongkok membuat orang tidak mudah terkena bakteri. WC jongkok biasanya cocok digunakan untuk fasilitas umum yang kebersihannya tidak bisa dipantau ketat. Sedangkan WC duduk justru memicu orang lebih cepat terkena bakteri karena saat BAB posisi paha orang harus menempel pada WC. Namun jika WC duduk digunakan untuk fasilitas pribadi dan selalu menjaga kebersihan WC tentu seseorang akan dijamin bebas dari bakteri.

Nah, maka dari itu, Think smart dulu ya dalam memilih, jangan hanya ikut-ikutan atau hanya ingin tampil wah yaa 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s